APPLICATION SOFTWARE


Dulu semua orang harus mengeluarkan uang untuk memperoleh perangkat lunak aplikasi mikrokomputer. Tetapi saat ini terdapat beragam cara untuk mendapatkan perangkat lunak, antara lain:

PERANGKAT LUNAK KOMERSIAL

Disebut juga proprietary atau perangkat lunak paket adalah perangkat lunak yang ditawarkan untuk dijual, semisal microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain. Perangkat lunak komersil ini memiliki hak cipta yaitu hak kekayaan intelektual agar perangkat lunak tersebut tidak boleh digandakan tanpa ijin dari pemegang hak cipta.

Sebenarnya pembuat perangkat lunak tidak menjual perangkat lunak mereka kepada anda tetapi mereka menjual lisensiatau ijin dari perusahaan sehingga anda dapat mengunakannya. Lisensi perangkat lunak mengharuskan anda menandatangani kontrak yang melarang anda menggandakan perangkat lunak tersebut atau menjualnya kembali. Biasanya terdapat pula tulisan di perjanjian yang menyatakan bahwa anda berhak untuk membuat salinanuntuk anda gunakan sendiri. Berikut ini beberapa macam lisensi perangkat lunak:

Site licence perangkat lunak dapat digunakan pada seluruh komputer dilokasi tertentu.

Concurrent-use licence sejumlah salinan peerangkat lunak dapat digunakan pada waktu yang sama

Multiple-user licence membatasi jumlah orang yang bisa menggunakan perangkat lunak tersebut.

Single-user licence hanya satu orang pengguna dalam satu waktu.

PERANGKAT LUNAK PULBIC DOMAIN

Perangkat lunak ini tidak dilindungi hak cipta sehingga bisa digandakan setiap orang yang menghendakinya. Perangkat lunak jenis ini biasanya didanai oleh lembaga pemerintah dari hasil pajak- didonasikan oleh pembuatnya ke publik. Perangkat lunak ini dapat didownload di internet dan dapa menggandakannya.

SHAREWARE

Adalah perangkat lunak yang dilindungi oleh hak cipta dan bisa disebarkan secara gratis, tetapi untuk melanjutkan pemakainnya, konsumen harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang untuk membayar biaya registrasi. Setelah membayar, anda akan mendapatkan dokumentasi pendukung , hak akses keversi baru, juga bisa mendapatkan dukungan teknis.

FREEWARE

Adalah perangkat lunak yang memiliki hak cipta dan didistribusikan secara gratis di internet. Alasan penggratisan perangkat lunak ini bagi pembuat antara lain: pembuat ingin mengetahui tanggapan para konsumen sehingga mereka dapat memperbaiki di versi berikutnya, untuk keperluan ilmiah atau kemanusiaan, atau bahkan ingin mendapatkan dkeuntungan dengan cara lain seperti menarik minat pengunjung terhadap iklan iklan yang ditampilkan

RENTALWARE

Adalah perangkat lunak dimana penggunanya harus menyewa dengan biaya tertentu dan bisa didownload kapanpun anda kehendaki. Inilah konsep dibalik penyedia jasa aplikasi atau application service provider(ASP), yakni perusahaan penyewaan perangkat lunak. Layanan TI jenis ini mampu mengurangi ongkos pembelian dan pengelolahan perangkat lunak bagi perusahaan.

PERANGKAT LUNAK BAJAKAN

Adalah perangkat lunak yang didapat secara ilegal, misalnya CD ROM video game bajakan. Perangkat lunak bajakan juga bisa didownload di internet atau dibeli di toko eceran.

ABANDONWARE

Istilah ini menunjukan pada perangkat lunak yang tidak diperjualbelikan lagi atau tidak disokong lagi oleh produsennya. Menurut undang-undang di AS menyatakan bahwa hak cipta perusahaan hanya berlaku selama 95 tahun.

CUSTOM SOFTWARE

Terkadang perusahaan atau perorangan membutuhkan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perangkat lunak jenis ini dinamakan custom software.

Tutorial adalah buku atau program instruksi yang bisa membantu anda mempelajari penggunaan produk melalui penjelasan langkah demi langkah. Tutorial biasanya juga dikemas dalam satu paket bersama perangkat lunaknya.

Dokumentasi adalah seluruh informasi yang mendeskripsikan produk termasuk panduan atau referensi manual berisi penjelasan secara naratif dan deskripsi bergambar dari sebuah perangkat lunak. Dokumentasi biasanya bersifat instruksional, dengan fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang sering dikelompokan berdasarkan maksud referensi.

Fakta-fakta tentang file serta manfaat eksport dan import file

Alasan memiliki perangkat lunak aplikasi adalah mengubah data mentah menjadi file yang berisi informasi yang berguna. Adda tiga macam file data yang umum digunakan yaitu:

  • File dokumen
  • File worksheet
  • File database

Bertukar file: import dan eksport

Import file adalah proses pengambilan data dari sumber lain kemudian mengubahnya dalam bentuk yang kompatibel dengan program yang sedang anda jalankan. Misalnya, anda ingin menulis surat diprogram pengolahan kata kemudian mengimport sebuah kolom numerik dari program spreadsheet.

Eksport file adalah pengubahan data kedalam bentuk yang bisa digunakan di program lain lalu ditransmisikan. Misal anda sedang bekerja dengan sekumpulan daftar nama dan alamat diprogram database lalu meneksportnya ke dokumen di progam pengolahan kata.

, , , ,

  1. #1 by GarykPatton on June 16, 2009 - 7:57 pm

    Hello, can you please post some more information on this topic? I would like to read more.

(will not be published)

Comments links could be nofollow free.


Improve the web with Nofollow Reciprocity.